Login

Email
Password


Mybody

ASMR: CARA BARU BUAT RELAKSASI PIKIRAN

29 Agustus 2018

Pernah nggak sih ngeliat video-video yang keliatannya aneh tapi ternyata justru bikin ketagihan dan bikin rileks banget? Mulai dari motong sabun, dengerin orang makan, atau bahkan suara plastik yang diremas berkali-kali. Nope, we’re not weird at all, karena efek yang kita rasakan adalah kondisi ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response yang wajar banget terjadi.

 

What is ASMR?

ASMR adalah istilah untuk sensasi yang kita rasakan dari bunyi-bunyian yang dianggap menenangkan dan bikin nagih. Bunyi tersebut bisa bersumber dari gerakan yang berulang-ulang seperti kunyahan, remasan, gesekan spidol pada kertas, bahkan suara orang yang bercerita dengan cara berbisik. Istilah ini pertama kali dipopulerkan oleh seorang pekerja IT bernama Jeniffer Allen di tahun 2010.

Anehnya, bebunyian tersebut justru membuat kita jadi rileks. Begitu bunyi tersebut menyentuh indera pendengaran kita, timbul sensasi menggelitik yang dialami otak, kepala, telinga, leher, ataupun bagian tubuh lainnya sebagai respon. Sensasi ini untuk sebagian orang bahkan bisa menjalar ke bagian tulang belakang.

Tren video ASMR pun kini makin berkembang baik di YouTube ataupun di Instagram. Mulai dari akun YouTube Spirit Payton yang menampilkan dirinya merekam suara kunyahan makanan, akun Instagram @asmr.soapqueen dengan potongan-potongan sabun, juga akun @rainbowplaymaker yang merekam video khusus mencampur slime. Video buatan mereka kini sudah ditonton lebih dari jutan orang dan jadi bukti kalau video-video ASMR banyak peminatnya. 

Contohnya seperti akun youtube RapunzelASMR ini

 

Is ASMR Really Effective?

Walaupun belum terbukti secara medis, banyak yang menggunakan ASMR ini sebagai salah satu cara untuk mengatasi berbagai masalah mental ringan, mulai dari rasa cemas berlebih, susah tidur atau insomnia, stress, bahkan depresi. Ini karena efek dari ASMR membantu tubuh menjadi lebih rileks dan tenang.

Sensasi ASMR yang ditimbulkan dari bunyi-bunyian tertentu punya efek yang berbeda-beda dan nggak semua orang merasakan rasa rileks yang sama. Hal ini sama dengan istilah ilmiah sinestesia, yaitu kondisi di mana rasa yang ditangkap oleh satu indera bisa diterjemahkan dengan indera lainnya. Misalnya, pengidap Sinestesia bisa menerjemahkan musik yang ditangkap oleh telinga menjadi sebuah warna yang lumrahnya ditangkap oleh mata. Seperti penyanyi Charli XCX yang selalu mendeskripsikan musik ciptaannya dengan warna-warna.

Profesor neurologi Carl W Bazil dari Columbia Medical Center juga meyakini kalau gambaran visual dan suara ASMR yang ditimbulkan efektif memberikan kesempatan pada otak pendengarnya untuk mengembangkan imajinasi sehingga orang-orang yang menikmatinya dapat merasa santai dan melupakan masalahnya sejenak. Ada yang udah mencoba? 


Foto: Shutterstock

Related Articles

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.