Login

Email
Password


Mybody

APA SIH ITU HAID?

12 November 2017

Buat cewek remaja kayak kita, topik seputar haid emang lagi sering-seringnya jadi bahasan, entah itu pas lagi hang out sama temen-temen, curhat ke kakak cewek atau ibu kita. Tapi nggak jarang semakin ngobrol, kita malah semakin bingung sama informasi soal haid ini. Makanya, nggak ada salahnya buat nambah pengetahuan dulu seputar apa sih haid itu lewat artikel ini.

KENAPA HAID BISA TERJADI?
Di pelajaran Biologi kita pasti udah sering dikasih tau kalo haid adalah sebuah siklus periodik bulanan yang hampir dialami oleh semua remaja cewek yang udah memasuki masa pubertas. Proses haid ini diperlukan untuk mempersiapkan kemampuan reproduksi dan nandain kalo rahim seorang cewek telah memasuki tahap siap dibuahi oleh sperma, hingga nantinya terjadi kehamilan. Apabila tidak terjadi pembuahan, maka haid berfungsi untuk meluruhkan dinding rahim tersebut. Proses tersebut disebabkan oleh kerja hormon estrogen – progesterone yang mengeluarkan darah beserta lender keputihan dari vagina.

BERAPA LAMA HAID TERJADI?
Umumnya, haid terjadi dengan siklus rata-rata sekitar 28 hari. Artinya, rata-rata cewek akan ngalamin masa haid selama 5-7 hari. Tapi meski begitu, pada beberapa cewek siklud haid dialami setiap 21-30 hari, bergantung dari keadaan hormone yang dimiliki, dan periodenya pun bias dimulai dari 2-5 hari saja.

BERAPA BANYAK DARAH YANG HILANG?
Banyak cowok yang ngerasa horror, kok bias sih cewek ngeluarin darah setiap bulan, tapi nggak peernah kenapa-kenapa? Well boys, that’s why we called Wonder Women, hehehe! Darah kotor yang dikeluarkan oleh cewek setiap bulannya akan sebanyak 10 mL-80mL per hari, tapi biasanya dengan rata-rata 35mL.

APA AJA GANGGUAN YANG TERJADI PADA MASA HAID?
Biasanya tanda-tanda haid akan kita ketahui dari beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Munculnya jerawat dan mood serta emosi yang turun naik jadi salah satu tanda-tanda di masa PMS (Premenstrual Syndrome) kita. Di beberapa orang keinginan buat makan atau ngemil berkali-kali pun sering terjadi. Sedangkan di masa haid, gangguan yang biasanya bakalan kita temui adalah kram perut, rasa nyeri di payudara dan perut bagian bawah.
 

KENAPA REMAJA SIKLUS HAIDNYA NGGAK TERATUR?
Normal kok kalo remaja kayak kita belum punya siklus dan periode haid yang teratur. Itu dikarenakan tubuh dan hormone kita sedang melakukan penyesuaian. Seiring berjalannya waktu dan kita lambat laun makin dewasa, siklus dan periode tersebut akan semakin rapi dan teratur. Apabila di usia dewasa masih belum teratur juga, penting buat kita memeriksakan diri, karena nantinya akan berpengaruh ke masa subur dan tingkat kesuburan kita.

PEMBALUT APA YANG TEPAT?
Yang pasti, pembalut yang ngebuat kita nyaman, dan bias nemenin kita dalam berbagai varian aktivitas, kayak Softex Dream Line yang punya desain Hello Kitty super cute. Softex Dream Line punya beberapa varian buat macam-macamc aktivitas kita, misalnya Softex Light Airy, pembalut lembut super tipis dengan tebal 2 mm; atau Softex Comfort Slim yang punya breathable layer yaitu lapisan bersikulasi udara buat mencegah kelembapan dan menyerap cairan dalam 1 detik.

 

HAIDICTIONARY
Berikut adalah beberapa istilah yang bakalan sering kita denger setiap kali ngebahas tentang haid:

PMS: Premenstrual Syndrome, gejala yang bakal kita rasain sebelum haid dateng.

PEMBALUT WING: pembalut yang disertai dengan sayap supaya posisi pembalut tetap terjaga dan tidak terjadi kebocoran.

PANTYLINER: pembalut tipis yang biasa digunakan pada saat keputihan atau hadi dengan bercak darah yang sudah sedikit.

MENARCHE: haid yang pertama kali datang.

MENORRHAGIA: perdarahan haid yang berlebihan diikuti nyeri hebat.

METROHARGIA: perdarahan tidak teratur berupa bercak, dan bukan merupakan darah haid.

VAGINITAS: peradangan pada Miss V akibat bakteri

MASTALGIA: nyeri pada payudara, dibagi menjadi dua mastalgia siklik yang berhubungan dengan payudara, dan non siklik yang merupakan nyeri dari otot payudara itu sendiri.

OLIGOMENOREA: siklus haid yang memanjang dan lebih dari 35 hari.

AMENOREA: keadaan tidak adanya haid selama 3 bulan berturut-turut.

 


Images : shutterstock.com

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.