Login

Email
Password


Mybody

APA BEDANYA HORMON PROGESTERON & ESTROGEN?

21 April 2018

Hormon progesteron dan estrogen adalah dua jenis hormon seks cewek yang dimulai ketika kita mengalami masa pubertas. Pada dasarnya sih, kedua hormon ini bertanggung jawab buat memproduksi dan mengembangkan sistem reproduksi. Kalo keduanya seimbang, ‘hidup’ cewek alias pada saat menstruasi (haid) bakal happy banget. Tapi kalo nggak, kita ngalamin yang namanya ketidakseimbangan hormon yang berakibat sama PMS atau menstruasi (haid) yang nggak stabil. Buat ngerti perbedaan efek keduanya di badan kita, yuk ketahui dulu fungsi hormon estrogen dan progesteron.

 

HORMON ESTROGEN

Hormon estrogen bertanggung jawab atas pembentukan fisik tubuh dan reproduksi. Cowok juga sebenarnya punya hormon estrogen lho, tapi jumlahnya sangat kecil. Estrogen ini penting buat cewek karena akan bantu tubuh kita men-develop payudara, menumbuhkan pubic hair dan underarm hair, serta memulai atau mengontrol siklus menstruasi (haid). Selain itu buat kita yang udah dewasa, estrogen yang mengontrol siklus menstruasi (haid) ini juga akan bantu saat kehamilan. Seperti menjaga kontrol kolesterol tubuh, menjaga kesehatan tulang (untuk cewek dan cowok), dan mempengaruhi kinerja otak (termasuk mood), jantung, kulit, dan syaraf lainnya.

Estrogen punya enam tipe, tapi hanya tiga yang utama yaitu:

Estradiol, the most common type in women.

Estriol, estrogen utama ketika kehamilan.

Estrone, satu-satunya estrogen yang tubuh kita produksi setelah menopause (ketika menstruasi berhenti total).

 

Apa pengaruh hormon estrogen buat siklus menstruasi (haid) kita?

Level hormon estrogen berubah-ubah sepanjang bulan. Hormon estrogen ada di level terendah selama siklus menstruasi (haid) kita. Yang efeknya adalah:

 

HORMON PROGESTERONE

Kalo hormon estrogen merangsang pembentukan, pengembangan, pemeliharaan fisik tubuh dan reproduksi, progesteron bantu untuk menjaga dan mempertahankannya. Hormon progesteron diproduksi rahim setelah siklus ovulasi (baca: CARI TAHU TENTANG SIKLUS TUBUH CEWEK) atau tepatnya 14 hari setelah siklus ovulasi. Kalo nggak ada tanda kehamilan maka progesterone akan berkurang dan memberi tanda dimulainya siklus menstruasi (haid).

Untuk bagian fisik tubuh sendiri, progesterone bertanggung jawab mengontrol pertumbuhan payudara sekaligus mengembangkan sel normal yang penting untuk mencegah kanker. Selain itu, hormon progesterone juga berfungsi menjaga kesehatan tulang dengan membuat tulang baru untuk menggantikan tulan lama yang sudah “dibuang” oleh hormon estrogen. Oia, progesterone juga bantu ningkatin aktivitas hormon thyroid, yang mana hormon ini bertugas buat ningkatin metabolisme dan manfaatin lemak yang disimpan akibat pengaruh estrogen untuk energi. Kalo level progesterone kita rendah ini bisa nyebabin kenaikan berat badan.

 

Apa pengaruh hormon progesterone buat siklus menstruasi (haid) kita?

Progesterone akan bantu menurunkan kontraksi rahim yang bikin kita ngerasa kram pas menstruasi (haid) dengan meningkatkan relaksasi otot. Di otak sendiri, progesterone adalah natural antidepressant yang akan mencegah anxiety, insomnia, dan depresi.

 

Nah dari penjelasan di atas udah paham kan apa beda dan efeknya hormon progesterone dan estrogen ke tubuh kita. Kedua hormon ini harus jalan beriringan dan seimbang levelnya supaya fungsi tubuh kita bisa berjalan normal.

 


Foto: Pexels  

Related Articles

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.