Login

Email
Password


Mybody

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

A STRESS FREE PERIOD!

Sebagai cewek tiap bulan kita ngadepin yang namanya "jatuh bulan" atau haid (menstruasi) dan musti berhadapan sama segala efek nggak enak dari haid.

Meski ‘kasus’ tiap cewek beda-beda, tapi rata-rata problem yang muncul adalah perut nyeri, kram, kembung, sakit kepala, dan rasa ngilu atau nyeri di beberapa bagian tubuh. Selain itu, masih pula ditambah sama perubahan mood yang naik turun dan nafsu makan yang bertambah, biarpun sebenarnya kita lagi nggak laper banget. Belum ditambah sama rasa kuatir takut bocor!

Meski haid cuma datang beberapa hari, tapi tentu aja kita pingin tetap merasa nyaman dong. Paling nggak, berusaha "meminimalisir" problem-problem di atas supaya tetap bisa beraktivitas dengan tenang tanpa kuatir berlebihan. 

Happifyourworld coba ngerangkum beberapa tips cara-cara biar nggak stress ngadepin masa haid kita, check this out!

 

A Little Massage

Kalo perut tiba-tiba kram, cobain teknik simple ini. Pijat atau usap dengan gerakan memutar satu titik di bagian dalam telapak tangan kiri. Lokasinya kira-kira 1 cm di bawah sendi ibu jari. Kita juga bisa memijat punggung bagian bawah pelan-pelan sambil mengkompres perut dengan air hangat. It's really work!

 

No Coffee & Soda

Buat pecinta kopi, teh atau soda mending hindarin dulu deh minuman ini. Kandungan kafein kurang baik buat perut, terutama bagian rahim. Kafein bikin pembuluh darah di bagian-bagian tadi menyempit, sekaligus bikin tekanan darah naik. Pembuluh-pembuluh darah yang tadinya udah tegang, makin menegang, sehingga bikin kram dan nyeri haid makin terasa sakit. So, kalo ada mitos bilang minum soda itu memperlancar haid, sebenarnya itu sugesti saja.  

Selain itu, kafein dalam kopi dan minuman bersoda punya efek dehidrasi yang bisa bikin sakit kepala dan perutkembung. Mendingan banyakin minum air putih, deh!

 

Comfort Food

Untuk menstabilkan gula darah, makan kacang-kacangan atau selai kacang. Untuk mendongkrak asupan zat besi, makan bayam dan buncis. Untuk mengimbangi penurunan hormon estrogen, makan buah raspberry dan bluberry. Kurangi jumlah garam juga, ya.

 

More Yoga

Pas haid, dorongan untuk meringkuk di tempat tidur, pasti besar banget. Padahal, sedikit gerak badan justru akan membantu beberapa bagian tubuh kita lebih nyaman, terutama di area belakang punggung dan pinggul. Bonus lain? Olah raga merangsang produksi hormon endorfin, yang bikin kita merasa lebih rileks dan enakan.

Gerakan-gerakan yoga terutama akan membantu memperbesar pembuluh darah sehingga peredaran darah ke otot-otot makin lancar. Supply darah yang baik ke seluruh jaringan otot tubuh akan membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri.

5 gerakan yang cocok adalah: Fish Pose (Matsyasana), Bow Pose (Dhanurasana), Camel Pose (Ustrasana), Noose Pose( Pasasana), dan Head-to-Knee Forward Bend (Janu Sirsasana).

 

Bye, Stain!

Art by Ashley Minette via TeenVogue

Untuk membersihkan dan memutihkan bekas noda haid di pakaian atau panties, campur ¼ cup cairan hidrogen peroksida (bisa dibeli di apotek) dengan ¾ cup air dingin. Tuangkan di atas noda, atau rendam kain di dalamnya sebelum dicuci. And voila, nodanya hilang!

Selain itu kita juga bisa pake air lemon atau baking soda, tapi hati-hati walaupun noda haid hilang tapi air lemon bisa ninggalin noda agak menguning atau sedikit kehitaman.   

 

Helpful Apps

Sekarang udah banyak aplikasi yang bisa menghitung dan memonitor waktu kedatangan haid. Satu yang paling recommended adalah Period Tracker. Hitungannya cukup akurat, sehingga berguna buat jadi alarm pengingat supaya kita lebih prepare. Sebelum haid datang, kita udah siapin pembalut Softex Hello Kitty Light Airy atau Softex Hello Kitty Comfort Slim di dalam tas.

 

Pembalut yang nyaman

Nah satu ini yang nggak boleh ketinggalan! Seperti disebut di point sebelumnya, cara ampuh buat ngilangin kuatir 24/7 adalah dengan pake pembalut yang tepat! Softex Hello Kitty Light Airy ini panjangnya 35 cm dengan tebal cuma 2mm bikin kita nggak kuatir sama yang namanya bocor. Karena kebersihan juga point penting kalo pas lagi dapet, so bawa pembalut Softex Hello Kittynya kemanapun ya. 

 


Foto: Shutterstock, imore.com, & berbagai sumber 

 

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.