Login

Email
Password


Mybody

8 BAHAN ALAMI UNTUK LANCAR HAID

13 April 2017

Normalnya siklus haid terjadi setiap 21 - 35 hari sekali, dengan lama haid sekitar 7 hari. Tapi kadang haid kita suka nggak teratur datangnya, wah kenapa ya? Banyak hal yang bisa nyebabin haid kita nggak lancar, salah satunya dari pola makan kita yang salah. Coba deh konsumsi ke-8 makanan alami di bawah ini untuk bantu haid kita supaya lancar.

 

PEPAYA

Kandungan carotene di dalam pepaya bisa ngestimulasi hormon estrogen di dalam tubuh. Selain itu pepaya yang dimakan mentah (bukan dibikin jus atau dicampus dengan bahan makanan lain) akan membantu meningkatkan aliran darah pas haid. Usahakan makan banyak pepaya minimal seminggu sebelum haid kita datang.

 

PARSLEY

Udah dari dulu parsley dipakai sebagai minuman herbal untuk kesehatan, termasuk untuk melancarkan haid. Caranya, rebus daun parsley dan minum secara teratur. Kandungan yang ada di dalam parsley akan mengkontraksi rahim yang bikin siklus haid kita lancar.

 

SALMON

Salmon punya kandungan hebat seperti vitamin D fatty acid, kalsium, dan omega-3 yang akan membuat hormon kita stabil dan membantu siklus haid menjadi lancar. Selain itu meng-konsumsi salmon juga bantu meredakan kram, sakit perut karena haid.

 

SESAME SEEDS (BIJI WIJEN)

Walapun kecil tapi biji wijen juga ampuh untuk ngelancarin haid karena punya lignan dan fatty acid yang akan menstabilkan hormon. Tapi menurut homeremedies.com, karena menghasilkan panas tubuh usahakan jangan dikonsumsi berlebihan.

 

ALMOND

Almond punya kandungan nutrisi tinggi dan vitamin E, yang nggak cuma bagus untuk ngelancarin haid tapi juga nyeimbangin hormon dan mengurangi sakit pada dada ketika haid. Jadiin almond  sebagai cemilan pas kita lagi food cravings ya.

 

LIDAH BUAYA (ALOE VERA)

Udah sejak lama lidah buaya dipake sebagai bahan herbal alami untuk kesehatan, dari rambut sampe ujung kaki. Lidah buaya kaya akan anti-bacterial dan anti-inflammatory, yang bisa bantu kita untuk ngelancarin haid dan juga ngurangin sakit kram. Konsumsi lidah buaya maksimal 3x sehari untuk ngelancarin darah haid.

 

CELERY

Daun seledri dan batangnya punya kandungan apiol dan myristicin yang dipercaya bisa nge-stimulus kontraksi ke uterus, dan seledri udah dipakai bertahun-tahun sebagai bahan herbal untuk bantu memperlancar haid yang telat. Sama seperti bahan alami lainnya di atas, seledri juga ampuh meringankan sakit kram ketika haid. Kita bisa makan dengan cara direbus atau diolah dengan bahan makanan lainnya.

 

JAHE & KUNYIT ASAM

Ramuan dari nenek ini pasti udah sering kita denger. Jahe atau campuran kunyit asam emang sudah terbukti bagus untuk dikonsumsi baik pas haid atau pun nggak. Jahe punya kandungan anti-inflammatory dan serotonin. Selain itu menurut integrativepractitioner.com, jahe bisa mengatur aliran darah (terutama kalo darah kita terlalu banyak keluar atau pendarahan) dan punya kandungan salicylates yang ampuh sebagai penghilang rasa sakit ketika kram.

 


Foto: berbagai sumber

Related Articles

A BOWL OF YUMMINESS

09 Mei 2018

Yuk kontrol nafsu makan kita dengan cara yang simple!

Liburan mini dengan hasil maksimal

02 September 2016

Mini trip adalah liburan singkat dengan teman dekat yang lebih efektif.

Hobi yang bikin happy

13 April 2016

Melakukan hobi yang kita sukai bisa ngusir stres, lho. Soalnya pas melakukannya, kita akan feel happy

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.