Login

Email
Password


Mybody

5 ALASAN BAHAYA SKIPPING MEALS

27 Juni 2018

Kita selalu disaranin jangan sampe ngelewatin sarapan, karena sarapan itu the most important meal of the day yang bisa jadi energi buat seharian. Tapi nyatanya, beberapa ahli gizi bilang kalo sebenarnya setiap waktu makan (sarapan, makan pagi, makan siang) itu penting.

 

Sayangnya, banyak cewek yang berpikir kalo mereka skip meals atau ngelewatin waktu makan bisa ngebantu mereka nurunin berat badan atau bisa jadi lebih ‘sehat’. Kalo kamu salah satu yang melakukan hal ini, mungkin harus dipikir ulang. Karena ngelewatin waktu makan atau nggak makan sama sekali, sebenarnya kita sedang menyakiti badan kita sendiri. Berikut 5 alasan kenapa kalo kita mau tetap sehat, energetik, dan semangat kita jangan ngelewatin waktu makan.

 

MELEWATI WAKTU MAKAN AKAN NGERUBAH METABOLISME BADAN KITA

Yup, badan kita butuh makanan supaya bisa bekerja efektif, efisien dan maksimal. Kalo kita ngelewatin waktu makan atau nggak cukup makanan (hey snack bukan termasuk makanan ya!), bisa jadi akan melambatkan metabolisme tubuh kita.

 

MELEWATI WAKTU MAKAN AKAN MENURUNKAN KADAR NUTRISI BADAN

Badan kita butuh vitamin dan nutrisi, walaupun kita rajin minum supplemen kayak pil vitamin, tapi supplemen bukanlah makanan. Supplemen hanyalah bonus tambahan atau pengganti makanan yang nggak akan bisa sepenuhnya memberikan manfaat seperti makanan beneran. Kita musti makan makanan dengan gizi seimbang dan cukup supaya badan kita bisa memenuhi kebutuhannya.

 

MELEWATI WAKTU MAKAN AKAN BEREFEK PADA TEKANAN DARAH, GULA DARAH DAN MENINGKATKAN RESIKO DIABETES

Kembali lagi ke point sebelumnya. Ketika kita ngelewatin waktu makan, tekanan darah kita akan meningkat tajam dan ini berarti meningkatkan resiko penyakit yang pastinya nggak mau kita alamin. Contohnya diabates.

 

MELEWATI WAKTU MAKAN AKAN MENGGANGGU FUNGSI PENCERNAAN KITA

Lambung kita tuh nggak pernah berhenti bekerja untuk mencerna makanan yang masuk. Kalo diandaikan, asam dalam lambung itu kayak kincir yang terus berputar, coba bayangin kalo nggak ada makanan yang masuk untuk dicerna oleh kincir. Lambat laun asam akan menyentuh lambung dan bisa nyebabin maag atau sakit perut. Rasanya kayak apa sih nggak usah ditanya deh. Makanya supaya sistem pencernaan kita tetap bekerja sempurna, jangan sampe melewatkan waktu makan.

 

MELEWATI WAKTU MAKAN NYEBABIN MOOD KITA KACAU, DAYA KONSENTRASI MENURUN, DAN BIKIN KITA JADI LELAH

Otak kita memerlukan glucosa supaya bisa bekerja dengan baik, jadi kalo misalnya kita nggak dapat cukup glucosa, masalah sedikit aja bisa bikin perang dunia ketiga. Ditambah, karena ngelewatin waktu makan kita jadi kehilangan konsentrasi karena badan kita nggak cukup dikasih energi yang berasal dari makanan (again, snacks don’t count as a meals!). tanpa energi yang cukup, kita nggak akan berfungsi sempurna dan bakal cepat ngerasa capek. Nggak peduli seberapa banyak kita tidur semalam.

 

Nah kalo udah tahu alasannya, jangan ngelewatin waktu makan lagi ya Happy Females. Eat properly!


Foto: Shutterstock

Related Articles

Sehat dengan Tidur

13 April 2016

Dengan tidur, sistem perbaikan tubuh bisa bekerja dengan lebih cepat, sistem pembuangan alami bisa bekerja dengan lebih baik

Cara mengatasi PMS: Tau lebih lanjut tentangnya

13 April 2016

Cara mengatasi PMS yang pertama adalah mengetahui seluk beluk terlebih dahulu tentang seputar PMS ini. Coba saja baca dulu agar tahu kamu bisa mengatasi PMS mu

A STRESS FREE PERIOD!

28 Februari 2016

Haid Hacks buat ngebantu moment haid kita lebih nyaman

HYBRID FOOD

01 Mei 2016

Setelah cronut, ramen burger, apalagi jenis hybrid food terbaru yang must try?

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.