Login

Email
Password


Whatsnow

GIMANA KPOP IDOL CEWEK MENGATASI MENSTRUASINYA

Selain latihan dance dan nyanyi berjam-jam, ada satu lagi tantangan terbesar yang dihadapi oleh Kpop group khususnya cewek, yaitu menstruasi (haid). Nah gimana sih mereka ngadepin si tamu bulanan ini, apalagi kalo pas masa promosi? Baca di sini yuk.

 

Sebagai cewek, efek menstruasi (haid) itu beda-beda tapi yang pasti nyeri kram dan bad mood itu pasti dialamin walaupun tingkat sakitnya beragam. Buat kita yang orang biasa sih mungkin gak akan ada masalah berarti, tapi buat idol cewek hal tersebut bisa bikin mereka stres berat. Apalagi mereka dituntut untuk selalu bekerja se-profesional mungkin 24/7 di atas dan di bawah panggung. Its sounds really hard ya.

Park Subin melalui channel Youtubenya, Soobeanie_, cerita gimana para Kpop idol cewek menghadapi masa menstruasi (haid) mereka di video ‘How the Kpop World Deals with Periods. IDOL INSIDER’ based on her own personal experiences.

Subin bilang, kalo pas latihan ketika ada member yang lagi dapat menstruasi (haid) member tersebut bisa bilang dan minta pengertian tentang kondisi dia tersebut ke member lainnya. Tapi beda situasinya kalo idol cewek lagi bekerja. Mau gak mau mereka harus “memaksakan” diri untuk ngatasin rasa nyeri dan kram menstruasi (haid)nya. Entah mengkonsumsi pil pereda sakit atau hal lainnya supaya bisa perform maksimal di atas panggung, atau depan kamera. Tapi namanya juga efek alamiah, sebagian Kpop idol cewek terkadang bisa down di atas panggung.

Tantangan lainnya menurut Subin ketika ada guru atau mentor saat latihan. Karena mereka gak bisa bilang lagi sakit menstruasi (haid) karena akan dianggap sebagai “excused”. Terkecuali sakit menstruasi (haid) mereka udah parah sampe tahap gak memungkinkan untuk bergerak, para idol cewek diharuskan untuk tetap ngejalanin jadwalnya. Terdengar keras ya, tapi itulah yang harus dijalanin Kpop idol cewek di mana profesionalitas mereka pun diuji saat menstruasi (haid) datang.

 

Lalu gimana dengan kostum yang dipake ketika Kpop idol sedang menstruasi (haid)?

Setiap grup Kpop idol punya stylist-nya masing-masing, dan umumnya sebelum si idol manggung kostum udah disiapin jauh-jauh hari. Buat seorang Kpop idol solo, tentunya bila kostum bertepatan dengan hari dia menstruasi (haid) akan bisa langsung diganti, tapi ini tergantung tiap stylist idolnya. Tapi beda ceritanya kalo kita ada di grup yang biasanya ada kostum seragam.

Terkadang kostum Kpop idol cewek juga sedikit 'revealing' seperti ini, walaupun mereka memakai celana pengaman tetap ini jadi concern tambahan buat mereka

Subin cerita tentang pengalamannya ketika dia harus pake kostum seragam warna putih. Mau gak mau dia harus ekstra jagain kostumnya biar gak bocor dan harus berkali-kali minta member yang lain bantu ngecek bagian belakang kostumnya. Kalo lagi gak pake kostum seragam, kpop idol cewek bisa minta ke stylist buat ganti kostum atau ganti bawahannya dengan warna yang lebih gelap. Dengan catatan harus diinfokan jauh-jauh hari dan kostum tersebut belum diset untuk ditampilkan di music show. Bila kostum tersebut sudah disetting, yaa... Terpaksa harus tampil dengan kostum tersebut.

Koreografi yang intense menurut beberapa Kpop idols cewek juga jadi kadang jadi problema di atas panggung. Tapi mereka tetap harus profesional. 

 

Bekerja dengan staff cowok

Dari beberapa sumber, Korea Selatan masih belum se-terbuka Indonesia buat ngebahas menstruasi (haid) dan generally para cewek gak akan mentioned tentang menstruasi (haid) ke cowok. Sedangkan dunia entertainment Korea Selatan masih didominasi cowok, jadi bayangkan kalo manajer atau staff Kpop idol cewek adalah cowok. Tentunya mereka sangat gak nyaman ketika si tamu bulanan datang. Misalnya aja seperti yang dicontohkan Subin, ketika dia mau ke apotik untuk beli obat menstruasi (haid) atau ada di dalam suatu situasi tertentu.

 

Apakah agency atau perusahaan “memaksa” untuk menggunakan obat-obatan?

Tiap perusahaan punya kebijakannya sendiri-sendiri, tapi menurut Subin perusahaan gak akan memaksa Kpop idol cewek untuk menggunakan obat-obatan. Obat-obatan di sini maksudnya adalah obat KB atau obat yang berhubungan dengan menstruasi (haid) ya. Penggunaan obat-obatan adalah pilihan kita sendiri yang tentu saja dengan pengawasan perusahaan.

Yang perlu diperhatikan adalah, menjadi seorang Kpop idol adalah pekerjaan yang cukup bikin stress dan ini berpengaruh ke kondisi fisik dan mental. Menurut Subin, ada Kpop idol cewek yang bahkan gak dapat menstruasi (haid)nya hingga beberapa bulan. Padahal kita tahu menstruasi (haid) yang gak lancar bisa cukup berbahaya buat tubuh. Karena bisa jadi ada ketidaknormalan atau ada gejala lainnya. Kalo sudah begini, biasanya perusahaan akan ambil tindakan buat mengecek si idol ke rumah sakit.

 

Badan mengalami perubahan dibanding sebelumnya

Satu hal lagi yang dihilite oleh Subin adalah dengan jadwal dan lingkungan yang penuh tekanan dan stresful, kondisi fisik saat menstruasi (haid) tiap Kpop idol cewek bisa ngalamin perubahan. Subin sendiri ngalamin sakit nyeri kramnya bertambah parah lebih dari sebelumnya sesudah dia jadi idol. Hal ini karena dia ngalamin stres dan kelelahan akibat tekanan pekerjaannya sebagai idol.

 

Periods were a huge concern and needed to be talked about

Kpop girl group PRISTIN

Mengenai kesulitan para Kpop idol cewek mengatasi menstruasi (haid) sebenarnya pernah dibahas sekilas dua tahun lalu. Waktu itu girl grup PRISTIN Siyeon sempat mengemukakan kesulitannya di variety show “We Like Zines” yang dipandu oleh Heechul (Super Junior). Menurut Siyeon, menstruasi (haid) adalah concern ketidaknyamanan terbesar sehingga perlu dibicarakan lebih dalam. Pernyatan Siyeon ini didukung sepenuhnya oleh Heechul.

“Since I am so close with girl idols, they openly talk about their periods and how uncomfortable it is as an idol. Some of them tell me they wanted to die and I understand to a certain extent. An idol’s schedule is really tiring and periods can tire a girl but as an idol you have to keep going. Also, there are mood issues that come with periods but as an idol, you must act happy and smile. That is really hard for girl idols. Periods are hard on non-celebrity girls too and some of them even get depression over this.”

 

Walaupun dunia Kpop sudah sangat maju, tapi sayangnya isu tentang menstruasi (haid) gak banyak dibicarakan. Padahal sesuai kata Heechul, menstruasi (haid) bisa sangat stres dan ini bisa berpengaruh ke mental si Kpop idol cewek. Beberapa fans girl group Kpop sendiri menyarankan supaya ada pengecualian ataupun konseling ketika masa menstruasi (haid) datang, setidaknya demi sedikit meringankan beban para Kpop idol cewek. Well let’s pray they will considering this option.


Foto: Shutterstock, Pinterest, dan berbagai sumber    

Related Articles

HAPPY CHINESE NEW YEAR WITH SANRIO

Yuk datang ke Kota Kasablanka dari tanggal 28 Januari - 14 Februari 2016. See you there Happy Females!

The Lucky Fifty Winner

The Lucky Fifty Winner for Januari 2016

Softex Meet & Greet

Fashion & beauty blogger meet&greet bareng Mike Lewis

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.