Login

Email
Password


Mylooks

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

Saat ini, Korea sangat terkenal dengan beauty productsnya dengan berbagai variasi ingredients dan packaging. Apalagi mereka juga memperhatikan ingredients yang terkandung di setiap produknya, kebanyakan produk yang dibikin mengandung skin care sehingga selain bikin cantik juga sekalian ngerawat kulit pemakainya, makanya nggak heran hampir semua cewek mulai menggilai Korean beaty products. Salah satu yang lagi nge-trend saat ini adalah cushion.

Cushion (atau 'Air Cushion') adalah BB/CC cream atau foundation dalam bentuk compact (seperti powder compact, lengkap dengan kaca). Beberapa produk punya formula yang berbeda tergantung merknya, tapi pada dasarnya semua cushion ngasih manfaat multifungsi yang sama yaitu covering (meratakan warna & tekstur wajah), moisturizing, dan perlindungan (SPF).

Lalu, bedanya dengan produk BB Cream, CC Cream ataupun foundation sendiri apa?

Perbedaan paling mencolok tentu aja dari bentuk packagingnya. BB Cream, CC Cream dan foundation biasanya dalam bentuk tube atau botol kaca, sementara cushion dalam bentuk compact yang punya puff unik sebagai aplicator yang disebut air puff cushion. Nggak seperti puff biasanya, permukaan puff cushion seperti dari sponge lembut dan halus yang dirancang bisa menyerap formula cushion sehingga ketika diaplikasikan ke wajah terlihat halus kayak air brush. Cara pakenya cukup ditepuk-tepuk, bukan disaput atau digeser atau ditarik, puff ini akan meratakan formula cushion, dan karena nggak bersentuhan langsung dengan kulit tangan seperti pas kita pake tube jadi cushion ini sangat higienis. Puff cushion harus dibersihkan seminggu sekali. Satu keuntungan lainnya, cushion bisa diganti dengan refill, jadi kita gak perlu beli packagingnya berulang-ulang. Bahkan ada beberapa brand yang langsung memberikan refill ketika pembelian pertama dan dengan design yang unik, seperti cushion Innisfree. Bisa menghemat kantong juga kan. 

Salah satu puff cushion favorit adalah dari IOPE yang merupakan air puff cushion dengan bantalan paling lembut.

 

REKOMENDASI CUSHION YANG PALING SERING DIGUNAKAN OLEH BEAUTY LOVERS

Untuk ingredients, setiap cushion punya ingredients dan kelebihan yang beda-beda tergantung brandnya. Ada yang lebih mengutamakan hasil matte, ada yang untuk hydrating, dan lain sebagainya. Berikut beberapa cushion dengan berbagai merk (mostly Korean brand) yang bisa dicoba dengan tingkat coverage yang berbeda pula. 

 

1. Sulwhasoo Even Fair Perfecting Cushion

Sulwhasoo adalah salah satu high end brand Korea yang spesialisasi di skin care karena itu perfecting cushionnya juga mengandung skin care yang dibutuhkan kulit wajah kita. Selain whitening, moisturizer, suncreens, Sulwhasoo Perfecting Cushion juga mengandung apricot seed herbal moisturizer untuk menjaga elastisitas kulit, anti wrinkle dan protective barrier untuk menjaga kulit tetap flawless selama 12 jam. Additional note: buat kita yang berjenis kulit kering, make sure pake moisturizer atau primer dulu sebelumnya. Sedangkan untuk yang kulit berminyak, this might be the best cushion for us, tapi jangan terlalu banyak pake bedak karena justru malah akan terlihat 'cakey'. Untuk coverage, Sulwhasoo Perfecting Cushion bisa dibuildable dari medium hingga high coverage. 

 

 

2. Laneige Snow BB Cushion Soothing Cushion

Laneige cocok untuk kulit yang berminyak dan punya pori-pori besar karena bisa meng-cover sempurna wajah kita dan ngasih finishing yang semi-matte. Formula Laneige cushion sangat ringan karena mengandung water base. Based on review beberapa beauty blogger, Laneige cushion tahan lama (walaupun tidak setahan lama Sulwhasoo), easy to apply, cocok untuk cuaca yang humid dan ada sedikit cooling sensation pas diaplikan ke wajah. Biarpun pas buat kulit berminyak tapi yang kulit kering pun bisa pakai, another plus, Laneige cushion tersedia dalam beberapa tone warna kulit. Untuk coveragenya sendiri, dari medium hingga high. 

 

3. Etude House Precious Mineral Any Cushion

Dari formula, Etude nggak jauh berbeda dengan Laneige dan punya kandungan yang kurang lebih sama. Yang ngebedain, scent Etude lebih harum. Dan mungkin untuk beberapa orang, aromanya ini agak sedikit menusuk. From personal experience, Etude nggak ngasih coverage tinggi, hanya medium, dan untuk yang kulit berminyak hasil aplikasinya akan terlihat 'dewy'. Untuk penggunaan sehari-hari, formula Etude sangat ringan dan mudah diaplikasikan walaupun butuh beberapa kali touch up karena daya tahannya kurang daripada yang lain.

 

4. Hera UV Mist Cushion Ultra Moisture

Hera adalah top 2 best selling brand di Korea, dan cushionnya bisa dibilang one of the best recommended cushion according to many Korean beauty blogger. Hera cushion pada intinya adalah perpaduan BB cream dan foundation yang punya formula yang disebut 5 in 1; Make up (natural glossy skin), Moisture Mist, Sunscreen, Whitening, Cooling Down Effect. Hera juga punya kandungan sea silt extract dan Camilia Oil yang bermanfaat bikin kulit wajah kita lebih cerah dan moist. Hera cushion akan ngasih finishing yang glowing tapi tidak terlihat berminyak (greasy/oily) dan ngasih perfect coverage. Ketahanan cushion Hera ini hingga 6 jam sebelum kita harus touch up lagi. Sayangnya, sampe saat artikel ini ditulis brand Hera belum masuk ke Indonesia, jadi kita harus membelinya via online.

 

6. Lancome Cushion MIracle Foundation

Dari pengalaman penulis sendiri, Lancome sangat ringan sesuai dengan taglinenya "weighless buildable coverage." Finishing cushion Lancome ini akan ngasih kita efek fresh glow. Glowing tapi bukan berminyak. Ini karena cushion Lancome punya formula glow dan hydration-nya cocok banget buat yang punya kulit normal hingga kering. Cukup diaplikasikan sedikit tanpa bedak. Additional tips: menurut beauty blogger Chloe Morello, Lancome Cushion satu tone lebih bright dari skin tone bisa dijadiin highlighter lho. 

 

So, should I buy it? 

Melihat dari trend cushion yang terus berkembang, hal ini dikembalikan lagi ke kebutuhan kita sendiri. Karena seperti sudah dimentioned di awal, ingredients dan formula cushion nggak gitu jauh beda sama BB Cream, CC Cream, dan foundation. Yang ngebedain hanya packagingnya aja. Positif sidenya, cushion itu kayak one whole solution. Kita bisa dapat coverage-nya dari foundation, sunscreen, color correction, pencerah, dan kalo butuh ingredients skin care tertentu kita bisa langsung pilih salah satu brand. Cushion juga bisa beralih fungsi dijadiin pengganti bedak padat lho. Menurut beberapa beauty reviewer, mereka cenderung touch up pake cushion dibanding pake bedak. One thing to note, kebanyakan cushion dari Korean brand punya pilihan warna kulit yang terbatas. Kalo kulit kita sedikit kecoklatan atau gelap, pilih cushion dari lokal atau western brand yang punya opsi tone color lebih banyak. 

Downsidenya... Well, it's a little bit pricey. Tapi dengan beberapa manfaat di dalam satu pack, masih terhitung worth it kok. Apalagi kalo kita udah nemu cushion kesayangan yang bisa jadi investasi make up sekaligus skin care. 

Baru mau coba pake cushion? Kamu bisa nonton Meejmuse ULTIMATE Cushion Foundations Review & Guide 2017 yang lengkap ngasih tau brand cushion apa aja sesuai kategori skin type-nya. 


Foto: berbagai sumber

Related Articles

CHIC CHOKERS

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Gaya Fashion Jeans Denim

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

CLING DENGAN CONTOURING

Teknik mempertegas struktur tulang wajah supaya kelihatan lebih tirus.

Share Article To

Leave a Comment
2 comments
You must be logged in to post a comment.

Hesty Wahyu Karunia


Pengen bgt beli laneige soalnya sesuai bgt ama kondisi kulitku..

Jun 28, 2016 10:01 AM

Rahma Ajeng


Wah, produk Amore Pacific Corp. semua yah.. Ehhehehe

Apr 18, 2016 05:12 AM