Login

Email
Password


Mylooks

SERUMPEDIA: PILIH SERUM YANG SESUAI DENGAN KULITMU

Jangan asal dan salah pakai! Yuk kenali apa sebenarnya serum dan kegunaannya untuk kulit wajah.

Serum memang menarik banget untuk dicoba. Jenis skincare yang satu ini dipercaya ampuh memberi kelembapan ekstra dan juga menghilangkan masalah-masalah yang ada di kulit wajah. Di dalam serum terdapat berbagai bahan aktif yang mampu menembus area kulit bagian dalam dan memperbaiki masalah kulit tertentu, misalnya warna kulit yang nggak merata, jerawat, pori-pori besar, atau permukaan kulit yang terlalu kering. Untuk itu, serum sangat cocok untuk kita yang memiliki masalah kulit yang membandel dan spesifik.

 

Tapi, bedakah Serum dan Pelembap?

Walaupun sama-sama melembapkan kulit, pelembap dan serum wajah merupakan produk yang jelas berbeda. Dari bentuknya aja, pelembap biasa memiliki tekstur kental dan cenderung creamy. Sedangkan serum bertekstur lebih cair, ringan, dan mudah menyerap di kulit. Begitu juga dari segi bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, di dalam sebotol serum mengandung bahan aktif dengan persentase dan efektifitas yang lebih besar dibanding pelembap. Makanya walau serum biasa dikemas dalam botol kecil, harga dan nilainya bisa melebihi berbotol-botol pelembap biasa.

Simpelnya, serum punya konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi dibanding produk lain dan punya partikel lebih halus sehingga bisa menyerap hingga ke dalam lapisan kulit terjauh. 

Tapi bukan berarti serum 100% lebih unggul, karena ada juga kandungan penting yang justru hanya dimiliki oleh pelembap. Pelembap memiliki kandungan minyak mineral yang mampu melindungi dan melapisi wajah sehingga kandungan air pada wajah tidak menguap. Sedangkan serum lebih sering didesain berbahan dasar air sehingga lebih cepat menyerap dan nggak menyumbat pori. Makanya pelembap selalu dipakai setelah skincare lain selesai digunakan, dengan tujuan untuk mengunci seluruh kandungan agar tetap menempel pada wajah.

 

Pilih serum yang cocok untuk kulitmu

Ada banyak banget jenis serum yang beredar di pasaran, dengan fungsi yang juga berbeda-beda. Serum juga merupakan skincare yang aman untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit berminyak sekalipun, karena serum tidak memiliki kandungan minyak di dalamnya. Tapi karena kandungan serum yang cukup kuat, penggunaanya juga nggak bisa asal-asalan. Kita butuh tau secara spesifik masalah kulit apa yang sedang kita alami, sehingga pemakaian serum juga bisa tepat sasaran.

Serum ini biasanya memiliki kandungan sekitar 15-20% vitamin C, dan bekerja sebagai anti-oksidan yang dapat menghambat proses penuaan pada kulit, menjadikan kulit tampak cerah, juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu memperbaiki tekstur kulit akibat jerawat, atau kekusaman karena paparan sinar matahari.

 

Kandunagn vitamin E udah sering kita dengar sebagai kandungan yang paling baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Serum Vitamin E mampu menahan kelembaban alami kulit, dan juga mengandung anti-oksidan yang tinggi untuk mencegah terjadinya kerutan halus di wajah. Serum ini juga bisa menangkal radikal bebas yang punya fungsi mencegah bahaya kanker kulit.

 

Bukan cuma menjaga kulit tetap lembap, serum jenis ini justru mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di area wajah kita. Sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan glowing. Berbeda dari serum lainnya, serum yang bersifat eksfoliasi nggak diperbolehkan untuk dipakai setiap hari, karena kandungannya yang kuat berpotensi membuat kulit jadi sensitif dan teriritasi

 

Pernah liat serum berbahan lidah buaya, hyaluronic acid ataupun green tea? Nah seperti namanya, serum ini mampu menenangkan kulit yang mengalami kerusakan, misalnya kulit terbakar, lecet, atau iritasi.

 

Untuk yang punya masalah jerawat membandel, serum jenis ini mungkin cocok untuk kamu. Serum ini biasanya memiliki kandungan anti bakteri seperti salicilic acid yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

 

Cara tepat menggunakan serum wajah

Penggunaan serum yang kurang tepat bisa menyebabkan serum jadi nggak berfungsi dengan baik di kulit. Karena kandungannya yang cukup kuat, penggunaan serum nggak boleh banyak-banyak, tapi cukup 1-2 tetes saja untuk seluruh wajah dan leher.

Sebelum mengaplikasikan serum, pastikan kulit wajah kita juga dalam keadaan bersih dan kering. Setelah cuci wajah, basuh wajah dengan toner untuk mengangkat sisa-sisa kotoran, residu sabun,dan menyeimbangkan pH kulit.

Setelah kulit masih terasa lembap, segera gunakan serum dan pijatkan ke seluruh wajah juga leher agar kandungan serum lebih mudah menyerap ke dalam kulit.Tunggu sekitar 2-3 menit sebelum kamu menggunakan skincare yang lain seperti sunscreen dan juga pelembap.

Dengan perawatan yang tepat, kulit kitapun akan lebih sehat dan cantik lebih maksimal!


Foto: Shutterstock

Related Articles

CHIC CHOKERS

Kalung chokers yang sempat populer di tahun 1990-an, sekarang hits lagi.

Trend Kecantikan: Apa itu Cushion?

Apa sih cushion itu? Inovasi make up dan skin care dari dunia beauty ini bakal bikin kamu ketagihan!

Gaya Fashion Jeans Denim

Denim, atau yang lebih popular dengan Jeans merupakan style outfit yang multifunction, terutama the iconic blue jeans yang cocok di mix match dengan style apapun.

Membentuk alis dengan Stensil Alis

Membentuk alis dengan stensil alis memang merepotkan. Kalo alis nggak pas akan mempengaruhi muka. Nah dengan alat ini bisa membentuk atau menggambar alis sendiri.

Share Article To

Leave a Comment
0 comments
You must be logged in to post a comment.